Rabu, 13 Maret 2013

Makanan Favorit


Bakso




Ini ceritakuuuu .......

Baso adalah salah satu makanan favorit saya, kenapa? Karena rasanya yg enak dan juga harganya yang pas untuk kantong mahasiswa seperti saya hehe. Bakso juga membuat kenyang saat perut keroncongan sehabis kuliah (kenyang sesaat haha). Bakso favorit saya adalah bakso pinggir jalan yang biasa abang-abang dorong pake grobak, itu rasanya lebih mantap dan terasa lebih nikmat. Walaupun diluar banyak kabar dan isu tentang bakso tapi saya ngga bisa melupakan nikmatnya makan bakso, saya akan tetap makan bakso.

Saya hunting bakso ini didaerah bogor tepatnya didekat kebun raya bogor. Perjuangan banget buat sampe disitu, niat awal hanya ingin berjalan-jalan sama teman kekebun raya tapi berhubung hujan deras saya makan bakso aja, nah kebetulan ada tugas softskill yang mengharuskan saya berfoto dengan makanan favorit, jadi sambil menyalam minum air kalo kata orang mah hehehe. Perut kenyang hati pun bahagia J


Bahan-bahan dan cara menbuat bakso 

Bahan-bahan:
  • Bakso Halus
  • 300 g daging giling
  • 2 sdm tepung kanji
  • 2 sdm tepung terigu
  • 1 butir telur, kocok lepas
  • ½ sdt bubuk merica
  • 1 sdt garam
  • Bakso Urat
  • 400 g daging sapi giling campur urat
  • 2 sdm tepung kanji
  • 2 sdm tepung terigu
  • 1 butir telur,
  • 1 butir telur, kocok lepas
  • ½ sdt bubuk merica
  • 1 sdt garam

Pelengkap:
  • 1.5 l kaldu sapi
  • 6 siung bawang putih, memarkan
  • 1 sdt bubuk merica
  • Garam secukupnya
  • 250 g mi kuning basah, seduh air panas
  • 60 g soun, seduh air panas
  • 100 g sawi hijau, potong-potong
  • 1 batang daun bawang, iris halus
  • 1 sdm seledri cincang
  • 1 sdm bawang merah goreng

Cara membuat
  1. Campur semua bahan bakso halus dan bakso urat dalam wadah terpisah. Aduk dan uleni masing-masing adonan hingga rata. Dengan menggunakan bantuan 2 buah sendok makan, bentuk adonan menjasi bulatan-bulatan. Rebus sampai matang. Angkat. Sisihkan.
  2. Didihkan kaldu bersama bawang putih, merica, dan garam. Masukkan bakso, masak sampai mendidih. Angkat. Rebus caisim sebentar dalam kaldu, angkat, tiriskan.
  3. Siapkan mangkuk saji, beri mi kuning dan soun. Masukkan bakso, caisim, lalu siram dengan kaldu panas. Taburi dengan bawang merah goreng dan irisan daun seledri. Sajikan bersama sambal rawit, saus sambal, dan saus tomat.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar