BAB 6
DASAR-DASAR PEMROSESAN KOMPUTER
PENDAHULUAN
Komputer adalah serangkaian mesin
elektronik yang terdiri dari komponen-komponenyang dapat saling bekerja sama, terprogram, serta membentuk sebuah sistem kerja yang rapi.
Sistem ini kemudian dapat digunakan untuk melaksanakan
serangkaian pekerjaan secara otomatis, berdasar urutan instruksi ataupun
program yang diberikan kepadanya.
I. ARSITEKTUR
KOMPUTER
Komputer dengan tujuan umum memiliki tipe komponen yang sama, yaitu :
Ø Prosesor
Ø Memori
Ø Penyimpanan sekunder
Ø Perangkat Input
Ø Perangkat Output
gambar skema komputer
Mesin pemroses
lebih dikenal dengan CPU, mikroprosesor atau prosesor. Prosesor adalah komponen
yang berupa chip. Chip adalah sekeping silicon berukuran bebrapa millimeter
persegi yang mengandung puluhan ribu transistor dan komponen elektronik yang
lain.
Penyimpanan Primer
Ukuran kapasitas
penyimpanan primer :
Satuan
|
Ekivalen
|
Keterangan
|
Byte
|
8 bit
|
Untuk menyimpan
sebuah karakter pada sistem ASCII atau EBCDIC
|
Kilobyte
|
1024 byte
|
Awal PC hanya
memiliki memori 640 byte
|
Megabyte
|
1024 KB
|
Memori PC pd
saat ini berkisar antara 64 – 256 Megabyte
|
Gigabyte
|
1024 MB
|
Ukuran hard disk
yang digunakan berkisar antara 20 – 40 gigabyte
|
Terabyte
|
1024 GB
|
Database yang
sangat besar
|
Pentabyte
|
1024 TB
|
Penggunaan di
masa datang
|
Bentuk Penyimpanan Sekunder :
· RAM (Random Access
Memory), jenis penyimpanan primer yang mudah hilang (volatile) karena data akan hilang jika listrik padam.
· ROM (Read Only
Memory), jenis penyimpanan sekunder yang bersifat non-volatile karena data
disimpan secara permanent dan jika listrik padam data tidak akan hilang
· Cache Memory, merupakan RAM khusus yang bekerja sangat cepat dan digunakan untuk
membantu RAM biasa dalam proses data.
B. PERALATAN INPUT
1. KEYBOARD
Unit input yang
paling popular, dimana pengguna memasukan data dengan menekan tombol-tombol
yang tepat.
2. ALAT PENUNJUK
- Mouse
- Trackball
- Touch Screen
- Light Pen
- Unit Remote Control
3. ALAT INPUT
OTOMATIS DATA SUMBER
- · Alat Pembaca Optis, alat input yang membaca data dengan menyinari suatu sinar terang di atas data dan kemudian menangkap citra yang terpantul pada matriks sel-sel photoelectric. Contoh : Scanner, OCR (Optical Character Recognition), OMR (Optical Mark Reader)
- · Alat Pembaca Magnetis, alat pembaca yang menggunakan tinta khusus yang berisi zat yang dapat diberi muatan magnet. Contoh : MICR (Magnetic Ink Character Recognition).
4. ALAT INPUT
PENGENAL SUARA
Unit pengenal
suara (speech recognition unit)
- · Mikropon
- · Automatic Speech Recognation (ASR)
- · Touchtone
5. ALAT INPUT VIDEO
Video Camera
recorder atau Camcoder
6.
A ALAT INPUT
PENERIMA GERAK
- · Headset
- · Glove
- · Walker
C. PENYIMPANAN SEKUNDER
- · Pita Magnetik : Reel Tape dan Tape Cartridge
- · Hard Disk : Removable dan Non removable
- · Floppy Disk
- · Piringan Optik : CD, DVD
- · USB Flash Disk
- · Smart Card
- · Kartu memori
D. PERALATAN OUTPUT
Dibagi menjadi
dua, yaitu :
1.1 Softcopy, terdiri dari dua jenis :
1.1 Softcopy, terdiri dari dua jenis :
- Monitor : CRT dan Layar Datar (LCD, EL, Plasma)
- Audio
- 2. Hardcopy, terdiri dari :
- Printer : Impact, Thermal, Inkjet, Laser, Multifungsi
- Plotter : Pena, Electrostatis, Thermal, Pemotong, Format Lebar
- Computer Output Microfilm (COM)
II. SOFTWARE
Perangkat lunak
terbagi menjadi dua, yaitu :
A. Perangkat Lunak
Sistem
- · Perangkat lunak yang melaksanakan tuga-tugas dasar tertentu yang diperlukan semua pemakai computer.
- · Ada tiga jenis dasar perangkat lunak sistem :
- § Sistem Operasi, berfungsi sebagai interface antara pemakai, perangkat lunak yang memproses data perusahaan dan perangkat keras. Contoh : Windows XP, DOS, UNIX
Ada enam fungsi dasar sistem operasi :
- Menjadwalkan Tugas
- Mengelola sumber daya perangkat keras dan perangkat lunak
- Menjaga keamanan sistem
- Memungkinkan pembagian sumber daya untuk beberapa pemakai
- Menangani Interrupt
- Menyiapkan catatan pemakaian
- Program Utility, suatu routine yang memungkinkan pemakai untuk melaksanakan operasi pemrosesan data dasar tertentu yang tidak unik pada satu aplikasi pemakai tertentu.
- Penerjemah Bahasa Komputer
Ø Bahasa Generasi Kedua, Assembler
Ø Bahasa Generasi Ketiga, Compiler dan Interpreter
Ø Bahasa Generasi Keempat, Bahasa Alamiah 4GL, memungkinkan programmer atau pemakai menginstruksikan computer apa dan bagaimana operasi tersebut dilakukan.
B. Perangkat Lunak
Aplikasi
1. Pemrograman
Sendiri
Perusahaan
menempatkan spesial informasi untuk melakukan tugas merancang sistem berbasis
computer yang memenuhi kebutuhan unit perusahaan.
2. Paket Jadi
Ada empat kelompok
besar :
§ Paket Aplikasi Bisnis Umum
§ Paket Aplikasi Khusus Industri
§ Paket Aplikasi Peningkatan Produktivitas Organisasi
§ Paket Peningkatan Produktivitas Perorangan
III. PERANAN PERALATAN
INPUT DAN OUTPUT SERTA SOFTWARE DALAM PEMECAHAN MASALAH
Keseluruhan
komponen perangkat input, output dan software dapat berperan langsung maupun
tidak langsung dalam pemecahan masalah. Semuanya saling behubungan dan
mendukung kegiatan satu dengan yang lainnya. Perangkat input dan output
berperan dalam proses penyelesaian masalah dalam hal perangkat keras, sedangkan
perangkat lunak, baik sistem maupun aplikasi membantu para manajer untuk meningkatkan
produktivitas organisasi dan perorangan, dengan menyederhanakan penciptaan dan
transmisi data.
KESIMPULAN
Komputer adalah serangkaian komponen yang saling terintegrasi dengan baik
dan berhubungan membentuk suatu sistem dengan perogram didalamnya. Untuk
menajalnkan komponen-komponen tersebut dibutuhkan
aliran listrik /energi.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar